MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Ketahui Jenis-Jenis Kopi


Kopi adalah minuman yang digemari dan ada peminatnya yang tersendiri di seluruh dunia. Kebiasanya minuman kopi diminum sewaktu sarapan pagi, makan tengahari,  minum petang dan ikut citarasa dan selera seseorang.

Berikut sembilan jenis minuman kopi yang sering Anda jumpai atau buat. Berikut komposisi pada tiap jenisnya.


1/ Espresso: Diseduh menggunakan mesin yang memproduksi tekanan pada air panas untuk mengekstraksi kopi. Dari tekanan ini muncul karbondioksida yang akhirnya akan muncul ke permukaan kopi selepas air kembali ke tekanan normal, menghasilkan crema. Bubuk kopinya digiling halus, agar kandungannya lekas diekstraksi dalam waktu cepat. Volume espresso adalah 30-45 ml.

2/ Americano:  Single espresso atau double espresso dituangkan ke dalam cangkir berisi air panas, dengan jumlah air sekitar 2/3 dari tinggi gelas. Kopi ini juga disebut Long Black.

3/ Caffé Macchiato: Single espresso ditambah sedikit susu (steamed milk) yang dipanaskan sehingga berbuih. Terdapat dua ukuran, short macchiato dengan satu espresso dan long macchiato dengan double espresso.

4/ Capuccino:  Single espresso, susu, dan buih susu (microfoam).

5/ Flat White: Mirip capuccino dengan jumlah susu lebih banyak daripada jumlah microfoam. Jenis ini sangat populer di Australia dan New Zealand karena banyak bar dan gerai kopi yang mengaku membuatnya pertama kali di Sidney dan Auckland. 

6/ Mocha: Campuran Capuccino dengan cokelat bubuk. Diawali single espresso diaduk dengan 1 sdm cokelat bubuk. Lalu ditambahkan susu dan microfoam. Terakhir diberi taburan cokelat bubuk.

7/ Affogato: Single espresso atau double espresso disajikan dengan es krim. Umumnya es krim vanilla.

8/ Latte : Disebut juga caffé latté, susu (steamed milk), dan microfoam biasanya dengan ketinggian 1 cm hingga mulut gelas.

9/ Latte Machiato: Susu dan microfoam dituangkan campuran single espresso dengan cokelat secara perlahan. Berat jenis espresso-cokelat lebih ringan daripada susu, namun lebih berat daripada microfoam membuat warna minuman ini belang cokelat ditengahnya.

Bagi mereka yang mempunyai kepakaran untuk membuat kopi boleh komen di ruangan komen sekiranya ada informasi dari pembaca.

Sumber: femina.co.id

Post a Comment

1 Comments

  1. Mengonsumsi kopi selain memberikan manfaat, juga terdapat bahaya apabila diminum setiap hari dalam jumlah yang banyak. Saya memiliki artikel terkait, silahkan kunjungi web berikut
    http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1052-bahaya-minum-kopi-setiap-hari

    ReplyDelete