MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Makna Kun Fayakun



  كُنْ فَيَكُونُ

Kun Fayakun


 إِذا قَضى‏ أَمْراً فَإِنَّما يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ


"Dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia".

(Al-Baqarah: 137)


إِنَّمَآ أَمْرُهُۥٓ إِذَآ أَرَادَ شَيْـًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ


“Sesungguhnya keadaan kekuasaan-Nya apabila Ia menghendaki adanya sesuatu, hanyalah Ia berfirman kepada (hakikat) benda itu: " Jadilah engkau! ". Maka ia terus menjadi.”

(Surah Yasin: 82)


Allah SWT menjadikan dan menciptakan sesuatu tanpa perlu ada perantaraan kejadian Nabi Adam a.s tanpa ibu dan ayah. Begitu juga Maryam melahirkan Nabi Isa tanpa ayah. 


وَاِذْ قَالَتِ الْمَلٰۤىِٕكَةُ يٰمَرْيَمُ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفٰىكِ عَلٰى نِسَاۤءِ الْعٰلَمِيْنَ


"Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah telah memilihmu dan menyucikanmu dan telah memilihmu (beroleh kemuliaan) melebihi perempuan seluruh alam (yang sezaman denganmu)." (Surah Ali-Imran, ayat 42)


kelahiran Nabi Isa a.s oleh Maryam atas kehendak Allah SWT yang Maha Esa membuktikan Allah SWT Maha Berkuasa selari dengan  كُنْ فَيَكُونُ


Qada dan qadar (takdir tersirat atau tersurat) terubah dengan doa dan izin Allah SWT.


Allah SWT Maha Berkuasa, Allah SWT memberi manfaat dan mudahrat, makhluk tidak ada kuasa dan tidak berupaya memberi manfaat tanpa izin Allah SWT.



Mywilayah.com


Post a Comment

1 Comments

  1. إِذا قَضى‏ أَمْراً فَإِنَّما يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ Bkn ayat 137 tapi ayat 117. Sila betulkan

    ReplyDelete