MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Amalan Yang Menghilangkan Bencana



1. Kembali Kepada Allah SWT

Dan kami cuba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran).

[Al-A'raf/7:168]

2. Mengenal Allah SWT di Waktu Lapang

Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu! Jagalah Allah, niscaya akan engkau dapati Dia di hadapanmu. Kenalilah Allah di waktu lapang, niscaya Dia mengenalimu di waktu sempit.

[Hadis Riwayat Ath-Thabrani]

3. Tunduk Dengan Merendah diri Saat Musibah Melanda

Kami tidaklah mengutus  seseorang nabi pun kepada sesuatu negeri, (lalu penduduknya mendustakan nabi itu), melainkan Kami timpakan kepada penduduknya kesempitan dan penderitaan supaya mereka tunduk dengan merendahkan diri.

[Al-A'raf/7:94]

4. Berdoa Kepada Allah Agar Dihilangkan Kesulitan

Kerana Allah tidaklah menolak orang yang berdoa kepada-Nya. Bahkan Allah mengancam azab pedih bagi mereka yang sombong yang tidak mau berdoa kepada-Nya.


5. Bertawakal Kepada Allah SWT

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikhendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

[Ath-Thalaq/65:3]

6. Taqwa Kepada Allah SWT

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.

[Ath-Thalaq/65:-3]

Ibnul Jauzi berkata: "Barangsiapa yang menghendaki selalu dalam keselamatan, maka hendaknya ia bertakwa kepada Allah."

7. Melakukan Kebaikan Kepada Orang Lain

Nabi SAW bersabda :

Berbuat kebaikan akan menjaga dari kebinasaan yang buruk; dan bersedekah secara sembunyi-sembunyi akan memadamkan murka Ar-Rabb.

[Hadis Riwayat Ath-Thabrani]

8. Istighfar

Di antara amalan yang menolak bala dan musibah adalah istighfar. Istighfar adalah hal yang membuat Allah redha dan meyelamatkan dari murka-Nya.

Dan Allah sesekali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.

[Al-Anfal/8:33]

Barangsiapa yang selalui beristighfar , maka Allah SWT akan menjadikan untuknya jalan kelapangan dari segala duka; dan jalan keluar dari segala kesempitan. Dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak pernah ia sangka.

9. Taubat

Ali bin Abi Thalib berkata: "Tidaklah suatu bencana ditimpakan, melaikan disebabkan dosa; dan tidaklah suatu bala dihilangkan, melainkan dengan bertaubat."


Sumber: Majalah As-Sunnah






Post a Comment

0 Comments