MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Sunnah - Sunnah Hari Jumaat



Banyak pahala kebaikan yang boleh diperolehi di hari Jum'at. Berikut ini beberapa amalan istimewa di hari Jum'at:
  1. Membaca surat al-Kahfi pada malam Jum'at. Dibolehkan membacanya di siang hari bila tidak sempat membacanya di malam hari (HR. Ad-Darimi, An-Nasa'i, Al Hakim).
  2. Membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan dengan sempurna pada dua rakaat shalat Shubuh (HR. Bukhari dan Muslim dan yang lainnya).
  3. Memperbanyak shalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam. (HR. Abu Dawud) demikian juga disunnahkan memperbanyak dzikir maupun membaca Al-Qur'an.
  4. Dianjurkan mandi besar sebelum berangkat shalat Jum'at (HR. Muslim).
  5. Memakai wewangian, bersiwak atau menggosok gigi, serta mengenakan pakaian yang paling baik. (HR. Ahmad) Disunnahkan pula memotong kuku dan rambut.
  6. Berangkat lebih awal menuju masjid. (HR. Muttafaqun 'alaih). Saat sahabat masuk masjid disunnahkan mengerjakan shalat dua rakaat terlebih dahulu sebelum duduk mendengarkan khutbah. Hal ini berlaku sekalipun khutbah sedang berlangsung. (HR. Muslim).
  7. Wajib mendengarkan khutbah dengan khidmat. Bagi sahabat yang sibuk sendiri dengan bermain-main HP atau bercakap-cakap dengan teman pada saat khutbah sedang berlangsung, maka jum'atnya sia-sia. (Muttafaqun 'Alaih).
  8. Doa mustajab di penghujung hari Jum'at/menjelang Maghrib. (Muttafaqun 'Alaih).
Semoga dengan membagikan ilmu yang bermanfaat, sahabat mendapatkan pula pahala dari orang lain yang mengerjakannya. Mari berbagi kebaikan. 

Sumber : designdakwahindonesia

Post a Comment

0 Comments