MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Petua-Petua Membersihkan Hati

 


ASSALAMUALAIKUM WBT.


"PETUA-PETUA MEMBERSIHKAN HATI."


● Guna mendidik hati dan menjadikannya bersih, beberapa petua yang perlu dilakukan antara lain :


1. BERTAUBAT : Setiap orang muslim harus melakukan taubat atau menyesali kesalahan dan kekhilafan yang telah dilakukan, taubat adalah modal dasar dan manfaatnya juga untuk mereka yang melakukannya.


2. QONA'AH :  Yakni rela menerima pemberian yang telah Allah anugerahkan meskipun pemberian itu sedikit. Dia tidak pernah rakus dan tamak apalagi menghalalkan segala cara untuk memperoleh kesenangan duniawi.


3. ZUHUD AD DUNYA : Yaitu menentang keinginan dan kesenangan, maka zuhud adalah berpaling dari cinta dunia menuju cinta Allah. 

Bukan berarti menghilangkan dunia dalam kehidupan kita, karena perlu kita sadari bahwa diri kita terdiri dari unsur jasmani yang membutuhkan sesuatu untuk mempertahankan hidup, seperti makan, tempat tinggal kendaraan dan sebagainya.jangan sampai kita penuhi hati kita dengan cinta terhadap dunia ini. Apabila sudah cinta buta terhadap dunia maka dapat dipastikan orang tersebut akan takut menghadapi kematian.


4. AGAR SENANTIASA BELAJAR ILMU AGAMA : Demi meningkatkan kualitas keimanan dan ketqwaan. bahkan apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang maka Allah akan pahamkan ia terhadap persoalan- persoalan agamanya.


5. MEMILIHARA SUNNAH-SUNNAH NABI : Baik dalam perbuatan, ucapan, ketetapan atau sifat dan budi pekerti beliau.


6. TAWAKKAL : Yaitu menyandarkan hati dan segala urusan hidup ini hanya kepada Allah Robb yang maha mewakili.


7. IKHLAS  : Yaitu memurnikan amal ibadah semata-mata untuk Allah. Ikhlas merupakan dasar pensucian hati dan sebagai pusat seluruh ibadah. 


●  Syarat diterimanya amal ibadah kita. Yang harus dihindarkan agar keikhlasan bisa tercapai adalah riya, sum’ah, ujub (bangga diri), takkabur (sombong) dll.

●  Itulah diantara amalan yang patut untuk diperhatikan oleh setiap pribadi muslim agar hatinya senantiasa sehat dan selamat sehingga dapat menempuh perjalanan hidupnya dengan baik dan benar,. 


Kredit: @islamitu_indah

Photo: Pinterest

Post a Comment

0 Comments