MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Manfaat Rasa Lapar



MANFAAT RASA LAPAR


Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan perutnya lapar, maka pikiran dan hatinya menjadi tajam."



Nabi bersabda, "Aku ingin sehari lapar, dan sehari kenyang. Bila aku lapar, aku menjadi sabar dan tawadhu, dan bila kenyang aku bersyukur."



Ibnu Abi ad-Dunya rahimahullah, dari Muhammad bin Wasi’ rahimahullah :

“Siapa yang sedikit makannya dia akan bisa memahami, membuat orang lain paham, bersih, dan lembut. Sungguh, banyak makan akan memberati seseorang dari hal-hal yang dia inginkan.”



Ibrahim bin Adham rahimahullah berkata :

“Siapa yang menjaga perutnya, dia bisa menjaga agamanya. Siapa yang bisa menguasai rasa laparnya, dia akan menguasai akhlak yang terpuji. Sungguh, kemaksiatan akan jauh dari orang yang lapar, dekat dengan orang yang kenyang. Rasa kenyang akan mematikan hati. Akan muncul pula darinya rasa senang, sombong, dan tawa.”



Abu Sulaiman ad-Darani rahimahullah berkata :

“Jika jiwa merasakan lapar dan dahaga, kalbu akan bersih dan lembut. Jika jiwa merasakan kenyang dan puas minum, kalbu menjadi buta.”



Imam Ghazali rahimahullah berkata:

"Rasa lapar yang terpuji itu jika tidak sampai membuat lalai seorang hamba dari mengigat Allah Ta’ala, namun dengan rasa lapar tersebut bisa membantunya untuk menahan syahwat dan kerakusan pada dunia.



Imam Syafi’i rahimahullah berkata :

"Rasa kenyang akan memberati badan, menghilangkan kewaspadaan, mendatangkan rasa kantuk, dan melemahkan pemiliknya dari beribadah."



Post a Comment

0 Comments