MyWilayah.com

Bahan Ilmiah Sepanjang Zaman

Informasi Terkini

Enam Kalimat Ringan Yang Besar Pahalanya Dan Kelebihannya



Enam Kalimat Ringan Yang Besar Pahalanya Dan Kelebihannya


Subhanallah (سُبْحَانَ ٱللَّٰهِ)

Rasulullah Saw bersabda : “Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘Azhim (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung).” (HR Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072)


Alhamdulillah (ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ)

Imam Ad-Dailimi menyebutkan sebuah hadis dari Ibnu Umar RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Perbanyaklah kalian membaca Alhamdulillah, karena sesungguhnya bacaan Alhamdulillah itu mempunyai dua mata dan dua sayap, yang selalu berdoa di dalam surga dan memohon ampunan bagi pembacanya sampai hari kiamat".


Allahu Akbar (الله أكبر)

“Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: (1) Subhanallah, (2) Alhamdulillah, (3) Laa ilaaha illallah dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai” (HR. Muslim no. 2137)


Laa Ilaaha Illallah(لآإِلَهَ إِلاَّ الله)

Dari Jabir bin Abdillah ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud, “Zikir yang paling mulia ialah Laa Ilaaha Illallah dan doa yang paling baik ialah Alhamdulillah.” (Riwayat Al-Imam Ibnu Majah).


Masya Allah (مَا شَاءَ ٱللَّٰهُ)

Masya Allah memiliki makna “Atas kehendak Allah". 

Semua yang berlaku atas kehendak Alllah. Meletakkan pujian kepada Allah dan bukannya makhluk.


Astaghfirullah (أستغفر اللَّه) 

Astaghfirullah adalah kalimah Istighfar.

Allah SWT berfirman, “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, nescaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anakmu dan mengadakan untukmu kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai. Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?” (Nuh: 10-13)


Daripada Abu Musa RA, bahawa Nabi SAW bersabda:


 مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ، مَثَلُ الحَيِّ وَالمَيِّتِ

Maksudnya: "Perumpamaan orang yang berzikir kepada Allah SWT dan orang yang tidak berzikir kepada Allah SWT seperti orang yang hidup dan mati.”


MyWilayah.com


Post a Comment

0 Comments